Senin, 12 September 2011

RESUME SEMINAR TANGGAL 10 SEPTEMBER 2011

   

                    Tanggal 10 september 2011 di awali dengan apel pagi. Sekitar pukul 07.30 seluruh maba di persilahkan untuk memasuki ruangan massing - masing. Ruangan terbagi menjadi 2 yaitu, ruangan serbaguna dan auditorium. Sambutan pertama di sampaikan oleh bpk. Julian, beliau menyampaikan tentang pokok pembahasan kewirausahaan. Tujuan dari kewirausahaan sendiri adalah membangun motivasi dan merubah mindset mahasiswa sebagai enterpreneur, menimbulkan kreatifitas. Sedangkan fakta dari kewirausahaan sendiri adalah dari 110 ribu pelamat januari 2007 rekrutment trans tv yang diterima hanya 500 orang, yang cari kerja banyak sekali, ancaman PHK, kelangkaan pekerjaan di RI mendorong generasi muda jadi TKI, banyak pengangguran terdidik (S1).
                    Ada beberapa mengapa kebanyakan generasi muda tidak menjadi wirausahawan. Mereka tidak mendapatkan peluang selama 350 thn di jajah sebagian besar tidak mendapat pendidikan yang seharusnya, orientasi pendidikan ada untuk membentuk SDM pencari kerja. Kesempatan SDA banyak tapi tidak ada SDA entrepreneur. Menurut DR. HC Ir ciputra seorang entrepreneur mengubah kotoran dan rongsokan menjadi emas. Beliau mengembangkan makna dari kata-kata itu sendiri, Beliau tidak malu ato gengsi dengan apa yang di lakukannya. Karena menurut beliau, Semua itu di mulai dari hal kecil dan kemudian menjadi besar. Dan akhirnya kesuksesan pun datang hingga sekarang. Itulah contoh seorang sosok Ir. ciputra. Masih banyak lagi tokoh - tokoh yang patut kita contoh untuk menuju sukses.
                    Setelah seminar tentang kewirausahaan, Dilanjutkan lagi k acara berikutnya. Yaitu seminar tentang motivasi. Seminar ini menjelaskan bahwa sebenarnya mempunyai jiwa motivator itu perlu dan penting. Mengapa begitu? karena, seorang motivator sangat di butuhkan dalam saat situasi apa pun untuk membentuk jiwa seseorang mempunyai rasa percaya diri dan tidak putus asa. Banyak hal juga yang harus di pelajari di pembahasan ini. Untuk mengetahui jiwa masing - masing kami, Kami semua di ajak untuk mengisi pertanyaan - pertanyaan yang semua jawabannya benar. Tetapi kami tetap harus memilih satu yang sesuai dengan kepribadian kita. Setelah memilih, Kami di ajak untuk menghitung skor yang kita dapat. Setiap jawaban terdapat nilai - nilai yang sudah ada. Setelah keseluruhan di hitung, Kami mendapat jawaban atas nilai masing -masing. Dari situ kami semua dapat mengukur seberapa kemampuan kita dalam hal motivator.
                    Setelah pembahasan seminar selesai, Kami semua mendapat pengarahan dari kakak - kakak senior tentang kegiatan sabtuan. Mereka memberitahukan tentang kegiatan yang akan di laksanakan minggu depan dan tugas - tugas yang akan kami kerjakan. Tugas kami untuk sabtu depan adalah cinta lingkungan. Kami di bagi menjadi beberapa kelompok dan survey tempat yang sudah di bagi oleh para panitia. Ada kelompok individu dan ada juga kelompok gabungan. Kami juga disuruh membawa alat - alat kebersihan seperti sapu, sabit,bak ember, cikrak dan lain- lain. Setelah pengarahan selesai, Kami keluar ruangan kecuali yang mendaftar menjadi panitia lingkungan dan ketua kelompok. Kami di kumpulkan untuk pengarahan tim tugas yang akan di laksanakan minggu depan. Satu tim terdapat 5 orang yang terdiri 1 ketua dan 4 anggota. Kami di bimbing untuk saling bekerja sama  satu sama lain. Kami juga di perkenankan untuk membawa 1 tanaman hias yang akan kami tanam di lokasi kelompok masing - masing. Setelah acara sabtuan selesai, Kami di persilahkan untuk pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar